• bcorpindonesia

24Slides: Membuat Dampak Di Tiga Benua

Diperbarui: 28 Okt 2021


Sejak 2018, 24Slides telah menjadi bagian dari gerakan B Corp. Walaupun perusahaan jasa desain presentasi ini terdaftar sebagai perusahaan Denmark, karyawannya juga tersebar di Indonesia, Peru, dan Ukraina. Hal ini menunjukkan bahwa 24Slides, sebagai perusahaan bersertifikat B Corp, telah memberikan dampak di tiga benua. Alasan utama 24Slides mengambil bagian dalam inisiatif B Corp adalah untuk mendokumentasikan bahwa mereka membuat dunia menjadi tempat yang lebih baik melalui bisnis mereka.


“Sebagian besar perusahaan mengatakan mereka melakukannya [membuat dunia yang lebih baik melalui bisnis]. Tetapi dengan B Corp, Anda harus membuktikannya dengan uji tuntas tingkat tinggi”, Tobias Schelle, CEO 24Slides

Mereka tahu bahwa mereka melakukan banyak hal untuk meningkatkan kehidupan orang-orang di pasar negara berkembang, tetapi mereka ingin membuat diri mereka bertanggung jawab dan memastikan mereka terus mempertahankan dan meningkatkan aktivitas mereka. Sejauh ini, 24Slides telah memberikan dampak di empat bidang yang dinilai oleh B Corp Impact Assessment: lingkungan, komunitas, tata kelola, dan pekerja.


Dampak terhadap Masyarakat dan Lingkungan Sekitar


24Slides memiliki misi untuk mempercepat pertumbuhan di pasar negara berkembang. Mereka memperlakukan dampak sosial dan lingkungan sebagai ukuran utama keberhasilan bisnis mereka dan bahkan memprioritaskannya dalam kasus di mana hal itu kemungkinan tidak mendorong profitabilitas. Dalam melakukannya, mereka memiliki komitmen terhadap tanggung jawab sosial dan lingkungan, dampak positif spesifik, dan melayani kelompok penerima sasaran yang membutuhkan.


Poin-poin ini telah ditunjukkan oleh pilihan sadar mereka untuk gedung perkantoran yang berkelanjutan di pasar negara berkembang serta ketika memilih vendor. Contoh lainnya seperti memiliki program untuk mendukung magang dan kunjungan siswa sekolah menengah kejuruan dan universitas. Selain itu, praktik anti korupsi melalui kebijakan pelaporan pelanggaran tertulis karyawan dengan kebijakan kerahasiaan dan mekanisme anonim untuk melaporkan kekhawatiran dan keluhan di dalam perusahaan telah diterapkan.



Mengenai komunitas, 24Slides telah menunjukkan pertumbuhan besar dalam hal dampak ekonomi dalam 12 bulan terakhir. Pekerjaan full-time dan part-time baru diciptakan selama setahun terakhir selama masa pandemi, terutama di Peru dan Indonesia karena kantor produksi mereka berlokasi di negara-negara ini. Di Indonesia saja, 32 karyawan baru dipekerjakan dalam jangka waktu tersebut, yang membuat pertumbuhan di atas 20% di sana.


24Slides juga telah menerapkan praktik positif seputar donasi atau investasi komunitas. Misalnya, dengan mendukung sumbangan amal individu dan menjalin kemitraan dengan organisasi amal atau keanggotaan dengan organisasi masyarakat. Program-program tersebut aktif digalakkan tidak hanya ketika ada krisis seperti pandemi atau bencana alam, tetapi juga di saat-saat ketika mereka memiliki kesempatan untuk berbagi.

Sementara layanan berbasis digital mereka pada dasarnya tanpa kertas sejak awal, 24Slides tidak memiliki program signifikan terkait lingkungan saat ini. Mereka telah mengerjakan beberapa kampanye dan pelatihan sederhana untuk mengurangi polusi dalam beberapa tahun terakhir, tetapi sebagian besar dari program ini saat ini dihentikan sementara karena pandemi. Namun, beberapa karyawan telah aktif berkontribusi dan berkolaborasi dalam program B Climate Collective Asia sebagai sukarelawan.



Dampak Terhadap Pekerja (Karyawan) dan Perusahaan Itu Sendiri


Melihat karyawan mereka sebagai sebuah aset berharga, 24Slides memiliki kebijakan untuk memastikan keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan kegembiraan di kantor mereka. Perusahaan tidak memiliki tenaga kerja kontrak (melalui pihak ketiga), sehingga semua karyawan dengan pekerjaan tetap memiliki gaji tetap, yang lebih tinggi dari standar upah minimum di wilayahnya masing-masing. Program tabungan untuk masa pensiun juga disediakan berdasarkan rencana pemerintah. Inisiatif kesehatan dan kebugaran diberikan dalam bentuk konseling dan pelatihan. Selain asuransi kesehatan yang diamanatkan pemerintah, 24Slides menyediakan sistem di mana karyawan dapat mengganti biaya pengobatan mereka. Lebih dari 95% karyawan memenuhi syarat untuk program tunjangan kesehatan.


Salah satu bagian paling menarik dari budaya 24Slides adalah fleksibilitasnya. Sementara perusahaan lain mulai mengizinkan karyawan untuk "bekerja dari rumah" (WFH) karena pandemi, 24Slides telah memiliki opsi selama bertahun-tahun. Beberapa peran juga memiliki jadwal yang lebih fleksibel untuk mengakomodasi kebutuhan komunikasi mereka dengan pelanggan dari zona waktu yang berbeda. Tunjangan tambahan diberikan kepada sebagian besar karyawan. Mereka memiliki makanan gratis, kegiatan/area rekreasi, kebijakan untuk mendukung ibu menyusui (ruang laktasi, cuti tambahan, dan opsi WFH untuk ibu dengan bayi baru lahir), dan banyak fasilitas lainnya termasuk penitipan anak di tempat dalam perkembangan.

Karir dan pengembangan pribadi karyawan juga penting untuk 24Slides. Perusahaan memberikan kesempatan pelatihan kepada karyawan untuk pengembangan profesional dalam berbagai aspek. Ini termasuk pelatihan internal dan eksternal. Sedangkan untuk pelatihan internal, mereka juga memiliki 24Academy sebagai sistem yang memfasilitasi karyawan untuk terus belajar dan meningkatkan keterampilan mereka dengan menggunakan materi yang diberikan oleh tim pelatihan perusahaan. Pelatihan dan pembinaan manajemen juga diberikan dengan melakukan tinjauan rencana karir dan sesi 1-on-1 untuk pujian berkelanjutan dan umpan balik korektif. Selanjutnya, sistem evaluasi kinerja dikelola melalui platform online. Karyawan juga dapat melakukan gerakan lateral dan mengubah arah atau langkah karir bila memungkinkan.

Keterlibatan dan kepuasan karyawan juga penting, terutama dari sudut pandang manajemen. Untuk memastikan kantor berada dalam suasana yang baik, 24Slides memiliki perwakilan karyawan dan platform OfficeVibe untuk mekanisme umpan balik dan keluhan formal di luar jalur pelaporan langsung untuk mengatasi masalah dan meningkatkan praktik perusahaan. Untuk memberikan masukan dari karyawan sebelum perubahan kebijakan atau praktik operasional dan/atau strategis, rapat strategi triwulanan dan sistem persiapan diselenggarakan. Hari libur berbayar, cuti pengasuh yang dibayar penuh, dan kebijakan lainnya juga mengikuti dan di atas peraturan pemerintah.


Apa selanjutnya?


Ada langkah besar yang akan dilakukan 24Slides di masa depan. Yang pertama adalah membangun kantor baru yang lebih ramah lingkungan dalam beberapa bulan ke depan di Malang, Indonesia. Yang kedua adalah meningkatkan kesadaran tentang keragaman dan inklusivitas. Langkah besar lainnya adalah memperluas 24Academy (pendidikan dan pelatihan) ke sesuatu yang jauh lebih luas, dengan topik yang akan membantu orang menjadi - dan menciptakan nilai lebih seperti keuangan, kewirausahaan, strategi, manajemen proyek, belajar membangun startup, menjalankan bisnis, dan banyak lagi. “Kami berpotensi membukanya untuk orang-orang yang bekerja di luar 24Slides”, tambah Tobias.


Penulis: Himawan Prakosa




119 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua