• bcorpindonesia

Branding dan B Corp

Diperbarui: 28 Okt 2021


Menurut Landa (2006), branding bukanlah sekedar merek atau nama dagang dari sebuah produk, jasa, atau perusahaan. Namun semuanya yang berkaitan dengan hal-hal yang kasat mata dan tidak kasat mata dari sebuah merek mulai dari nama dagang, logo, ciri visual, citra, kredibilitas, karakter, kesan, persepsi, dan anggapan yang ada di benak konsumen perusahaan tersebut.

Branding merupakan hal yang penting bagi sebuah produk atau perusahaan. Berdasarkan wawancara dengan Cilla Henriette, Business Humanizer & Partner Innate Motion, Branding dapat membantu konsumen mengenal apa visi misi perusahaan, apa yang mereka lakukan untuk komunitas, atau apa yang mereka lakukan untuk lingkungan. Jika konsumen sudah lebih mengetahui dan mengenal bagaimana suatu perusahaan beroperasi, tentunya publik akan lebih memilih mereka dibandingkan kompetitor tidak hanya karena produk, tetapi karena mereka merasa suka dan sesuai dengan produk tersebut. Dengan kata lain branding membantu konsumen mengidentifikasi dan mendekatkan konsumen dengan citra dan nilai-nilai perusahaan yang telah dibangun.

Sertifikasi B Corp dapat membantu meningkatkan brand positioning dari perusahaan atau produk tersebut. terlebih saat ini banyak konsumen yang lebih tertarik kepada produk yang mementingkan sustainability. Dikutip dari parapuan.co, berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh NIM (The Natural Marketing Institute), kini ditemukan bahwa konsumen lebih tertarik membeli produk dari perusahaan yang peka terhadap masalah lingkungan. Konsumen lebih memilih brand yang sadar akan pentingnya kelestarian, mulai dari melakukan proses produksi yang ramah lingkungan hingga jenis produk yang dijual. Melalui branding yang dilakukan oleh perusahaan bersertifikasi B Corp, perusahaan dapat menunjukkan apa yang mereka lakukan kepada alam dan manusia dengan menggunakan bisnisnya sebagai kekuatan untuk kebaikan, tidak semata-mata bertujuan kepada profit.

“Publik akan melihat bahwa perusahaan punya cara-cara yang benar untuk berbisnis, punya cara yang baik untuk memberikan positive impact, dengan sendirinya brand dia akan dikenal dengan jauh lebih baik. orang-orang juga akan merasa dekat dengan perusahaan atau dengan produk yang mereka buat, tidak hanya dari segi harga atau fungsional tetapi dari segi emosional dan eksistensi perusahaan. ” - Cilla, Business Humanizer & Partner Innate Motion
47 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua