• bcorpindonesia

Menjadi B Corp: Bergabung dalam Gerakan Global untuk Perubahan Positif

Diperbarui: 8 Nov


Saat ini banyak pemimpin bisnis yang percaya bahwa berkontribusi pada keadilan sosial dan kelestarian lingkungan sama pentingnya dengan mencapai keuntungan finasial. Banyak yang kemudian mengintegrasikan kepercayaan tersebut ke dalam bisnis operasional dan menjadikannya sebagai nilai perusahaan. Jika anda adalah termasuk ke dalam tipe pemimpin bisnis yang percaya pada nilai tersebut, sudah saatnya bergabung menjadi Perusahaan B Corp dan bergabung dalam gerakan “menggunakan bisnis untuk kebaikan”. Perusahaan B Corp juga menjadi bagian tak terpisahkan dalam konteks Sustainable Development Goals (SDGs) yang mencakup tiga dimensi pembangunan berkelanjutan, yaitu lingkungan, sosial, dan ekonomi


Apa Itu B Corp


B Corp merupakan sertifikasi Internasional yang diberikan oleh Lembaga Non-Profit yaitu B Lab asal Amerika Serikat kepada perusahaan yang selama proses audit dapat membuktikan bahwa bisnis, sistem operasional hingga produk yang diluncurkan ke konsumen berdampak baik dan bernilai positif bagi mahluk hidup dan lingkungan. Lalu untuk mendapatkan dan mempertahankan sertifikasi, perusahaan harus membuktikan kinerjanya atas 5 aspek utama yaitu tata kelola, karyawan, lingkungan, komunitas, dan konsumen dalam sebuah proses audit yang ketat dan detail


Keuntungan Menjadi B Corp

Proses audit B Corp yang detail dan obyektif membantu pelaku bisnis memahami hal yang telah berdampak positif atau masih memerlukan perbaikan dari operasional bisnisnya. Tentunya ini akan membantu Perusahaan menjadi efisien dan memaksimalkan dampak positifnya. Selain itu mengikuti sertifikasi B Corp, seperti halnya sertifikasi keberlanjutan pihak ketiga yang kredibel, akan menaikkan kepercayaan brand di mata konsumen. Berdasarkan Laporan CSR ConeCone Communications 2017, 63% konsumen berharap Perusahaan memimpin perusahan sosial dan lingkungan, sementara 87% akan membeli produk dari Perusahaan yang memiliki kesadaran isu sosial dan lingkungan.

Lebih dari itu B Corp juga membantu membangun reputasi keberlanjutan sebuah perusahaan di mata para investor dan rekan bisnis di tingkat internasional. Seperti yang diceritakan oleh CEO dan Co-Founder MYCL, Adi Reza yang mengatakan bahwa ketika MYCL hendak bekerja sama dengan suatu brand di tingkat internasional, brand tersebut mempertanyakan dampak operasional, keberlanjutan dan juga bagaimana mereka memperlakukan pekerja. Untuk memenuhi itu semua diperlukan proses pengecekan yang lebih terstruktur. Menurut Adi, proses assessment B Corp membantu MYCL melewati proses penilaian tersebut. Di samping itu proses assessment B Corp dapat diakses secara gratis dan sertifikasinya masih sangat affordable untuk perusahaan kecil.


Bergabung dalam Komunitas Global Untuk Perubahan


Perusahaan B Corp menciptakan komunitas global yang saling mendukung untuk menggunakan bisnis yang bisa meningkatkan kesetaraan gender, mengurangi angka kemiskinan, menciptakan lingkungan sehat, merangkul komunitas, dan menciptakan lapangan pekerjaan berkualitas melalui produk, praktik, dan profit. Untuk melakukannya, perusahaan harus bertindak dengan pemahaman bahwa semua aspek bergantung satu sama lain dan bertanggung jawab untuk generasi mendatang. Nilai-nilai dan aspirasi komunitas B Corp dinyatakan dalam Deklarasi Interdependensi B Corp. Di tingkat international sampai April 2020 telah ada 3.300 perusahaan, 150 industri dari 71 negara yang tersertifikasi B Corp. Di dalam negeri, saat ini ada tiga perusahaan berdomisili hukum Indonesia yang tersertifikasi oleh B Corp, yaitu Danone-AQUA, Beachgold, MYCL—dulu Mycotech , Selain itu ada perusahaan internasional bersertifikasi B Corp yang berperasi di Indonesia seperti Innate Motion, 24Slides dan Indosole.

Setiap Perusahaan bersertifikasi BCorp memiliki kekuatan dan keunikan untuk membawa perubahan. Dunia mengenal Patagonia, sebagai merk baju dan peralatan outdoor yang tidak saja menawarkan produk berkualitas tapi juga kepedulian mereka terhadap isu lingkungan. Patagonia juga memilih bahan dasar dengan sangat selektif yang diharapkan dapat meminimalisir dampak negatif bagi bumi serendah mungkin tanpa mengurangi kualitas produk-produk yang diproduksi.

Di Indonesia, Mycotech menawarkan bahan baku kulit vegan yang jauh lebih ramah lingkungan daripada kulit dari binatang, sambil memberdayakan masyarakat sekitar. Sementara Danone-AQUA menjadi Perusahaan air minum dalam kemasan pertama yang memperkenalkan produk kemasan guna ulang dan mengandung daur ulang sambil juga memberdayakan pemulung. Dengan semakin banyak Perusahaan yang bergabung dalam B Corp menunjukan bahwa semakin banyak pemimpin bisnis yang membawa perubahan menuju dunia yang lebih baik.


75 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua